Health

[Kesehatan][bleft]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Hobby

[Hobi][grids]

Tips Jika Anak sering Dibully di Sekolah


Seringkali kita melihat berita di media tentang anak-anak yang dibully oleh teman-temannya sendiri di sekolah. Kadang-kadang kita sebagai orang tua menganggap ini sebagai hal sepele. Apalagi, pelakunya hanya anak-anak. Dan kita pun cenderung  membiarkannya saja tanpa melakukan tindakan apa-apa.

Tahukah Anda? Bully yang sering dihadapi anak di sekolah akan berpengaruh terhadap keadaan psikologinya. Apalagi jika yang menjadi bahan bully itu adalah keadaan fisik si anak tersebut.

Keseringan mendapat bully dari teman-temannya di sekolah akan membuat anak jadi minder, tidak percaya diri, dan tidak bersemangat. Apalagi jika pelakunya adalah anak yang lebih besar darinya. Jika dibiarkan terus-menerus, akan berpengaru pada kesehatan psikisnya.

Mengetahui apakah anak sering mendapat bully atau tidak memang tidak mudah. Apalagi bagi anak yang cenderung tertutup. Untuk itu, dibutuhlan langkah aktif dari orang tua dan komunikasi yang baik dengan anak. Berikut beberapa tips untuk mengetahui apakah anak sering mendapat bully, serta langkah untuk mengatasinya.

1.Jadilah Orang Tua yang Kepo
Usahakan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Ajak anak bercerita tentang segala aktifitas yang telah ia jalani sehari penuh di sekolah. Tentang pelajaran, teman-teman, atau gurunya. Ajak anak bercerita tentang siapa-siapa saja teman yang ia miliki di sekolah. Apakah teman-temannya itu baik padanya? Apakah ada yang sering mengganggunya?

2. Jalin Komunikasi dengan Guru
Sebagai orang tua, ada baiknya Anda menjalin komunikasi dengan guru anak-anak Anda di sekolah. Mintalah guru anak Anda memberi laporan rutin tentang perkembangan anak Anda di sekolah. Sesekali, taka da salahnya mengundang guru anak Anda untuk minum teh di rumah.

3. Kembangkan Bakat Anak
Ajaklah anak Anda melakukan kegiatan-kegiatan positif, terutama kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan bakatnya. Anda mungkin bisa mengajaknya mengikuti les musik, karate, teater, dan lain-lain. Kegiatan semacam ini akan membuat ia memiliki kelebihan di mata teman-temannya. Dengan kelebihannya itu, teman-temannya akan segan mengganggunya di sekolah.  (*)

No comments: